Sabtu, 10 Desember 2011

Sabtu, Desember 10, 2011 - 5 comments

Sudahkan Kita Mengenal Nama-nama dan Nasab Rasulullah صلى الله عليه وسلم ?

بـــــــــــــــــــــسم الله الرحمن الرحيم

Pemirsa yang setia.. Ups, ini kan tulisan pertama yah, jadinya blom ada pemirsa yg setia di blog ini.. hehehe.. btw, bantu dengan doa yah biar artikel2 di blog ini bisa berguna bagi segala golongan masyarakat.. Amin ya Rabb.

Intro sedikit yah tentang 'Sudahkah Kita Mengenal Nasab Rasulullah صلى الله عليه وسلم ?'. :)
Pada zaman modern ini atau zaman millenium atau zaman yang sering kita dengar, yaitu zaman globalisasi.. zaman yang sangat mempengaruhi ekonomi dan kultural di dunia ini, lebih khususnya kultural umat muslimin baik di Indonesia maupun negara2 lain.
Saya melihat banyak sekali pemuda-pemudi bangsa kita ini lebih mengenal idola2 mereka dari pada mengenal Rasulullah  صلى الله عليه وسلم , sbg contoh ; mereka lebih mengenal nama2 pemain bola, lebih mengenal nama2 artis, lebih mengenal nama2 band beserta data2 diri mereka semuanya secara detail. Oleh karena itu saya mencoba membuat artikel ini untuk membantu dan ingin mempermudah agar mereka semua, kita (pembaca) dan termasuk saya ini juga agar bisa lebih mengenal Rasulullah صلى الله عليه وسلم secara detail.. Bukankah lebih mengenal Rasulullah صلى الله عليه وسلم itu lebih utama dari mengenal mereka semua..?!?! Karena beliau islam jadi tersebar di seluruh dunia, karena beliau kita semua keluar dari jalan yg gelap ke jalan yg terang dan lain-lain..
Pada artikel yang saya buat  kali ini, saya hanya membahas tentang nama-nama Rasulullah صلى الله عليه وسلم beserta nasab Rasulullah صلى الله  عليه وسلم , insyaALLAH di lain waktu saya akan mencoba memberikan artikel-artikel lainnya yang berhubungan dengan kisah perjalanan hidup Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Ayolah kita memulainya, kyanya kebanyakan intronya yah.. :D. Yuk mariiii...!!

Nama-nama Rasulullah صلى الله عليه وسلم , diantaranya :
  1. Muhammad صلى الله عليه وسلم
  2. Ahmad -- أحمد
  3. Al-Mahi -- الماحي -- dengan sebab beliau ALLAH سبحانه وتعلى menghapus kekufuran
  4. Haasyir -- الحاشر -- Seluruh umat manusia dikumpulkan dibawah kekuasaan beliau
  5. 'Aaqib -- العاقب -- yang tidak ada Nabi setelah beliau
  6. Dalam sebuah riwayat
  7. Al-Muqaffi -- المقفي
  8. Nabiyu At-Taubah -- نبي التوبة
  9. Nabiyu Ar-Rahmah -- نبي الرحمة
  10. Nabiyu Al-Malhamah -- نبي الملحمة
Nama-nama Rasulullah  صلى الله عليه وسلم di dalam Al-Qur'an, diantaranya :

  1. Basyiran -- بشيراً
  2. Nadziran -- نذيراً
  3. Siraajan Muniiran -- سراجاً منيراً
  4. Rauufan Rahiiman -- رؤفاً رحيماً
  5. Rahmatan Lil 'Aalamin -- رحمة للعالمين
  6. Too Haa -- طه
  7. Yaa Siin -- يس
  8. Muzammilan -- مزمّلاً
  9. Mudatsiran -- مدثّراً
  10. Abdullah -- عبدالله
  11. Mudzakkiran -- مذكًراً
Setelah kita mengetahui nama-nama Rasulullah  صلى الله عليه وسلم , sekarang saatnya kita akan mengetahui nasab Rasulullah  صلى الله عليه وسلم.

Nasab Rasulullah صلى الله عليه وسلم :
مُحَمَّدٌ بن عَبْدُاللهُ بن هَاشِمِ بن عَبْدِ مَنَفْ بن قُصَيْ بن كِلَابِ بن مُرَّةْ بن كَعْبٍ بن لُؤَيْ بن غَالِبِ بن فَهْرٌ بن مَالِكِ بن النَضْرُ بن كِنَانَةِ بن خُزَيْمَةِ بن مُدْرَكَةِ بن إِلْيَاسْ بن مُضْرٍ بن نِزَارٍ بن مَعْدٌ بن عَدْنَانَ

Nasab tersebut adalah dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم hingga kakek-kakeknya beliau yg bernama 'Adnan (عدنان) yang tidak ada ikhtilaf/perbedaan pendapat antar ulama-ulama ahli sejarah. Sebenarnya masih ada lagi nasab Rasulullah صلى الله عليه وسلم hingga nabi Adam عليه سملام.. Tetapi  terdapat perbedaan pendapat dalam masalah penamaan nama setelah kakek beliau yang bernama 'Adnan (عدنان)  menurut ulama-ulama ahli sejarah..

Semoga tulisan/artikel ini bisa memberikan pengetahuan kepada teman-teman semua terhadap nama-nama dan nasab Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan langkah awal agar lebih mengetahui jauh lagi tentang segala aspek yang ada pada diri Rasulullah صلى الله عليه وسلم .

Semoga ALLAH سبحانه وتعلى memberikan taufik dan hidayah kepada kita semua dan memberikan kecintaan kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم lebih dari yang ada di muka bumi ini. آميــــــن

Klo bisa dihapalin yahhhh.......!!!! :)

Best Regards,

Your friend

5 comments:

Ijin Share boleh ndak pak????

silahkan kang.. :)
Klo bisa tukeran link kang.. hehehe..

Wah, si arif udah nego ya? Kalah cepet gue ni ceritanya :)

Ente kenal sama Arif yah? klo mo di share di blog ente jg nggak pa2.. hehehe.. :)

Posting Komentar