Selasa, 20 Desember 2011

Selasa, Desember 20, 2011 - , No comments

Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم adalah Rahmat Bagi Seluruh Alam

Tentunya kita (umat islam) telah mengetahui tentang ayat yg berbunyi :

[ وَماَ أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ - [ الأنبياء: 107
"Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam".

Yang mana menjelaskan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم diutus sebagai rahmatan bagi seluruh alam semesta ini.

Lalu, pada kesempatan kali ini.. saya akan mencoba memberikan sedikit bukti-bukti terhadap topik yang saya buat ini.

Kita juga sering mendengar dari ceramah ustad-ustad di dekat rumah yang berkata : "Tidak lupa kita haturkan sholawat berserta salam yang selalu tercurahkan kepada baginda besar Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang membawa kita dari zaman kegelapan hingga zaman terang benderang seperti saat ini, dan juga sholawat serta salam atas keluarganya, sahabatnya dan orang-orang yang berjalan diatas jalan mereka semua." Lalu apa makna sebenarnya dari suatu "zaman kegelapan hingga zaman terang benderang ini??!!" Nah, saya juga akan mencoba menjelaskan tentang perkara tersebut di dalam tulisan ini.

Dengan tidak panjang lebar, saya suguhkan penjelasan ini agar makin mantap cinta kita kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan memberikan pengetahuan yg lebih bagi kita terhadap Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Keadaan Dunia Ketika Kelahiran Rasulullah صلى الله عليه وسلم

Ketika itu yang menguasai dunia ini adalah Roma dan Faris. Pada masa mereka perbuatan zalim itu tersebar di seluruh alam, saling berperang satu sama lain untuk mendapatkan kejayaan di dunia, penganiyayaan terhadap yang lemah, tidak adanya keadilan antara yang miskin dan yang kaya, manusia diperujal belikan (budak), dll.

Sejarawan yang berasal dari Inggris yang bernama Walez berkata : "Tidak pernah menyaksikan dalam sejarah di dunia ini suatu periode yang lebih gelap, lebih buruk, lebih berputus asa terhadap masa depan mereka ketika kurun 6M." Walez juga berkata : "Sesungguhnya ketika itu negara-negara Eropa diserupakan dengan tubuh seseorang yang besar akan tetapi mati dan telah menjadi bangkai, sankin tidak bisa melakukan apa-apa. Maka ketika itu dunia tersebut seperti orang yang lumpuh tidak mampu untuk bergerak ke arah yang lebih baik, sehingga muncul Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang dapat mengatur kesemuanya itu." Yang mana kita bisa lihat pada saat ini.. Muslim yang lain adalah saudara, tidak adanya perbudakan lagi (umum), adanya qisos (balasan yang setimpal), adanya pencegahan perang thd negara lain (beda cerita klo mslh politik), dll.

Yang berhubungan tentang zaman kegelapan di eropa.. teman-teman bisa membaca link yg ada dibawah ini:
http://sejarah.kompasiana.com/2010/12/20/zaman-kegelapan-di-eropa/

Dan dalam rentang 20 tahun Rasulullah صلى الله عليه وسلم dengan pengorbanannya, dengan akhlaqnya beliau, dengan berjihad, dengan tak-tik perangnya, dengan ilmunya dan dengan ajaran-ajaran yang beliau sampaikan.. akhirnya beliau dapat merubah semua keadaan di dunia ini. Dari perbudakan hingga tidak ada perbudakan, dimana kaum wanita waktu itu tidak mempunyai hak.. lalu sekarang wanita mempunyai hak-hak, adanya ajaran tidak boleh menzalimi sesama, umat muslim adalah satu kesatuan (agar tidak terjadi perang keluarga), dari beribadah kepada patung hingga beribadah menyembah ALLAH SWT dan dikeluarkannya kita (muslim) dari jalan sesat (menuju neraka) hingga ke jalan yang di Ridhoi ALLAH سبحانه وتعالى. Semua itu berkat siapa?? apakah bukan berkat ajaran Rasulullah صلى الله عليه وسلم.
[ وَماَ أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ - [ الأنبياء: 107
"Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam".

Keadaan Negara Arab ketika Kelahiran Rasulullah صلى الله عليه وسلم
-------------
Kisah no.1
-------------
Ketika itu negara arab terbagi atas kabilah-kabilah dan merekalah yang menentukan hukum, dimana setiap kabilah mempunyai hukum bagi mereka sendiri. Mereka saling bertentangan, berselisih dan berperang antara satu dengan yang lainnya, yang kuat menganiaya yang lemah, mereka juga sering merampok terhadap suatu kabilah yang sedang melakukan perjalanan untuk berdagang dan menculik seorang anak untuk dijadikan budak..

Ibadah mereka adalah menyembah berhala, ketika itu berhala yang terletak di ka'bah berjumlah 360 berhala untuk disembah, setiap kabilah mempunyai 1 berhala.
Terkadang pun mereka tidak menyembah berhala tetapi menyembah batu, apabila sedang bepergian jauh dan tidak bisa membawa berhala (tuhan) mereka, maka mereka akan mencari sebuah batu untuk disembah.. lalu ketika kembali dari perjalanan pulang, mereka akan membawa batu tersebut ke rumahnya untuk dijadikan tuhan. Ketika mereka tidak menemukan batu, maka mereka akan membuat berhala dari buah kurma.. jikalau mereka lapar mereka memakan berhala tersebut yang telah dibuat oleh tangan mereka sendiri yang terbuat dari buah kurma. Bukankah itu namanya suatu kejahilan/kebodohan??!!

Lalu datang Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang mengubah keadaan-keadaan tersebut. Membuat 1 aturan untuk semua kabilah dalam aturan ALLAH سبحانه وتعالى agar tidak terjadi perang saudara, umat muslim dengan umat muslim yang lainnya adalah saudara, dilarang merampok/mengambil hak orang lain secara paksa, yang lemah dan kuat adalah sama yang membedakan hanyalah taqwanya, mengeluarkan dari kejahilan ke suatu keadaan yang lebih baik dan menyembah hanya 1 tuhan yaitu ALLAH سبحانه وتعالى agar selamat dari siksaan akhirat yang lebih pedih.
[ وَماَ أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ - [ الأنبياء: 107
"Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam".
-------------
Kisah no.2
-------------
Keadaan wanita pada zaman itu (sebelum islam) tidaklah mempunyai hak sama sekali di dalam harta dan juga tidak mendapatkan warisan.. akan tetapi wanita adalah barang warisan yang harus dibagi-bagikan, kecuali wanita-wanita yang mempunyai kedudukan/nasab/bangsawan/orang-orang penting, seperti Siti Aminah binti Wahb (Ibu Rasulullah صلى الله عليه وسلم) dan Siti Khodijah binti Khuwailid (Istri Rasulullah صلى الله عليه وسلم). Mereka (Orang Quraisy) juga mengubur hidup-hidup apabila mereka mempunyai anak perempuan, bahkan dari mereka ada yang telah mengubur sebanyak 7 anak perempuan mereka, karena mereka menganggap mempunyai anak perempuan itu adalah 'aib. Seperti yang tercantum dalam Al-Qur'an :
وَإِذَا بُشِّرَ أَحَدُهُمْ بِالْأُنْثَى ظَلَّ وَجْهُهُ مُسْوَدًّا وَهُوَ كَظِيْمٌ * يَتَوَارَى مِنَ الْقَوْمِ مِنْ سُوْءِ مَا بُشِّرَ بِهِ أَيَمْسِكُهُ عَلَى هُوْنٍ أَمْ يَدُسُّهُ فِيْ التُرَابِ أَلَا سَاءَ مَا يَحْكُمُوْنَ
[ النحل : 59-58 ]
"Padahal apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, wajahnya menjadi hitam (merah padam), dan dia sangat marah * Dia bersembunyi dari orang banyak, disebabkan kabar buruk yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memiliharanya dengan (menanggung) kehinaan atau akan memebenamkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)? Ingatlah alangkah buruknya (putusan) yang mereka tetapkan itu."
Yang mana surat tersebut diturunkan bagi orang quraisy yang sedih atas kelahiran anak perempuannya dan mereka akhirnya menguburnya hidup2.. Lalu datang Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang mengubah adat istiadat mengubur anak perempuannya. Dan bisa kita lihat saat ini, sekarang wanita mempunyai hak dalam hidupnya dan juga mempunyai hak dalam warisan. Berkat siapakah itu semua?!!?
[ وَماَ أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ - [ الأنبياء: 107
"Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam".
-------------
Kisah no.3
-------------
Ketika kelahiran Rasulullah صلى الله عليه وسلم ada budak perempuan yang bernama Tsuibah Al-Aslamiyah, beliau adalah budak dari pamannya Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang bernama Abdul 'Uzza bin Abdul Mutholib atau panggilannya adalah Abu Lahab. Ketika kelahiran Rasulullah صلى الله عليه وسلم Tsuiabah Al-Aslamiyah lah yang memberikan kabar gembira tersebut kepada Abu Lahab, dan dalam waktu itu juga Abu Lahab memerdekakan Tsuaibah Al-Aslamiyah karena sanking senangnya mendengarkan kabar kelahiran Rasulullah صلى الله عليه وسلم.
Singkat cerita.. Ketika Abu Lahab telah meninggal dunia, Al-Abbas (Paman Rasulullah صلى الله عليه وسلم) diperlihatkan dalam mimpinya bahwa Abu Lahab diringankan oleh ALLAH سبحانه وتعالى siksaannya di akhirat (neraka) setiap hari senin karena memerdekakan budaknya sanking senangnya atas kelahiran Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Bahkan di akhirat pun Abu Jahal memperoleh keringan dari ALLAH سبحانه وتعالى karena kesenangannya atas kelahiran Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Berkat siapakah itu semua?!!?
[ وَماَ أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ - [ الأنبياء: 107
"Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam".
-------------
Kisah no.4
-------------
Ketika awal-awal Rasulullah صلى الله عليه وسلم berada di Madinah Al-Munawaroh Rasulullah صلى الله عليه وسلم berkhutbah belum menggunakan mimbar, masih menaiki sebatang pohon kurma yang telah mati.. Karena bertambah banyaknya umat muslimin ketika itu, maka dibuatkanlah mimbar agar umat muslimin dapat melihat Rasulullah ketika berkhutbah.. ketika telah dibuatkan mimbar dan Rasulullah صلى الله عليه وسلم pun berpindah dari berdiri di atas pohon kurma yang mati lalu beridiri ke atas mimbar. Namun, ketika menaiki mimbar terdengar suara rintihan seperti suara unta yang ternyata berasal dari pohon kurma yang pernah dinaiki Rasulullah صلى الله عليه وسلم untuk berkhutbah, lalu beliau turun dari mimbar dan menuju ke pohon kurma yang merintih tersebut dan mengeluskan tangan beliau pada pohon kurma yang sedang merintih.

Lalu Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda kepada pohon kurma : "Jika engkau mau, aku akan jadikan engkau dinding masjid ini, akarmu tumbuh lagi, tubuhmu hidup lagi dan engkau berbuah lagi. Atau jika engkau mau, engkau aku tanam di surga, supaya para wali Allah dapat memakan buah buahmu."

Batang kurma itu menjawab : "Saya memilih untuk ditanam di surga sehingga wali wali Allah dapat memakan buahku dan saya berada di tempat di dalamnya saya kekal."
Akhirnya suara rintihan itu pun berhenti..
[ وَماَ أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ - [ الأنبياء: 107
"Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam".
-------------
Kisah no.5
-------------
kisah ini saya copas dari dawaktuna. Dan saya menambahkannya sedikit bumbu biar lebih mudah dipahami. :)

Suatu hari untuk suatu tujuan Rasulullah صلى الله عليه وسلم keluar rumah dengan menunggangi untanya beliau. Abdullah bin Ja’far ikut membonceng di belakang. Ketika mereka sampai di pagar salah salah seorang kalangan Anshar, tiba-tiba terdengar lenguhan seekor unta.

Unta itu menjulurkan lehernya ke arah Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan ia merintih. Air matanya jatuh berderai. Rasulullah صلى الله عليه وسلم mendatanginya, lalu beliau mengusap belakang telinga unta itu dan Unta itu pun tenang
Kemudian Rasulullah صلى الله عليه وسلم bertanya, "Siapakah pemilik unta ini, siapakah pemilik unta ini?"
Pemiliknya pun bergegas datang. Ternyata, ia seorang pemuda Anshar.
"Itu adalah milikku, ya Rasulullah" katanya.
Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda : "Tidakkah engkau takut kepada Allah karena unta yang Allah peruntukkan kepadamu ini? Ketahuilah, ia telah mengadukan nasibnya kepadaku, bahwa engkau membuatnya kelaparan dan kelelahan."

Bahkan Rasulullah صلى الله عليه وسلم perduli terhadap hewan yang dizalimi.. Dan hewan itu merasa pun tenang setelah mengadu ke Rasulullah صلى الله عليه وسلم atas nasibnya.
[ وَماَ أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ - [ الأنبياء: 107
"Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam".

Apakah ada makhluq yang lebih agung dari pada Rasulullah صلى الله عليه وسلم?? jawabannya adalah TIDAK. Bahkan nabi-nabi terdahulu diutus hanya untuk kaumnya saja, sedangkan Rasulullah صلى الله عليه وسلم diutus bagi kaumnya dan rahmatan bagi seluruh alam.

Semoga kita bisa mengambil manfaat dari artikel ini dan semoga bisa menambah cinta kita kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم..

Mohon maaf jikalau kepanjangan.. dan mohon koreksinya apabila ada kesalahan-kesalahan penulisan dalam artikel ini. Tentunya saya hanyalah manusia yang mana tempatnya salah dan lupa..

Best Regards,

Your friend

0 comments:

Posting Komentar